Jumat, 08 Februari 2013

Pesan Untuk Santri

Sahabat....
tahukah kalian, siapa yang mendapatkan julukan bapak ilmu kimia, yang telah menciptakan laboratoriium pertama didunia, sehingga dijuluki bapak kimia...?
Dia bukanlah orang Barat, tetapi dia seorang ilmuan islam yaitu Jabir Ibnu Hayyan.

Sahabat...
tahukah kalian, siapakah yang telah mendapat julukan bapak ilmu kedokteran, yang telah berhasil menemukan berbagai ilmu kedokteran pertama kali didunia...?
Dia bukanlah orang Barat, akan tetapi Dia seorang santri, yaitu Ibnu Sina (Avicenaa) yang terkenal dengan bukunya Fit-Tibbi. Dan ilmuan islam lainnya seperti Ibnu Rusid dan juga Ar-Razi yang telah menemukan penyakit cacar, ini menandakan bahwa islam telah memberikan sumbangsih yang besar dalam Ilmu Kedokteran.

Sahabat...
tahukah kalian, siapakah yang orang pertama kali menjadi pelopor ilmu dalam bidang Matematika...?
Dia bukanlah berasal dari ilmuan Barat, tetapi dia adalah seorang ilmuan islam yang bernama Al-Khawarizmi yang telah menemukan angka nol (0) dan juga Al-Kindi dan Al-Farobi seorang ahli dalam bidang Filsafat Matematika.

Sahabat...
tahukah kalian, siapakah yang menciptakan system pendidikan dengan metode pendidikan Formal (sekolah) tiada lain adalah orang islam yang bermula pada Bani Mu'awiyah, yaitu pada masa pemerintah Umar bin Abdul Aziz yang telah mendirikan Universitas dikota Qorrowin.

Ingatlah sahabat...!
Tampa mereka semua dunia tak akan hidup, ilmu pengetahuan tidak mungkin seterang sekarang. Coba lihat kebuku-buku pelajaran umum, orang-orang terkenal dalam penemu ilmu-ilmu science adalah ilmuan barat. Ini menjadi sebuah tanda tanya besar bagi kita, apa yang telah terjadi denga umat islam.
Tentunya kita mesti belajar dari mereka (orang barat) mereka sesekali mempunya karakteristik yang kuat, haus akan ilmu pengetahuan, sehingga buku-buku islam dengan waktu singkat berhasil mereka terjemahkan kedalam bahasa mereka. Dan hasilnya, secara singkat mereka telah menjadi ilmuan terkenal dan dengan mudah mempelajari dan memahami semua ilmu-ilmu hasil temuan umat islam.
Hal ini sangat berbeda dengan dengan mentalitas umat islam sekarang terhadap ilmu pengetahuan. Justru, umat islam tidak mencontoh sikap mental orang-orang barat sehingga kondisi umat islam bodoh.
Kondisi ini sangat menghawatirkan, padahal islam telah tegas mewajibkan mewajibkan umatnya untuk menggali dan mencari ilmu pengetahuan "Minal mahdi ilal lahdi" juga dipertkuat dengan firman Allah dalam surat Al-Alaq ayat 1-5 yang berbunyi "Bacalah denga (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia yang menciptakan manusia dari segumpal darah, bacalah Dialah Tuhanmu yang maha mulia, yang mengajarkan (manusia) dengan pena, Dia yang mengajarkan pula apa yang tidak diketahui".

Dalam lima ayat tersebut sesungguhnya diluar mangna dhohirnya kita bisa menyimpulkan ada lima hakikat dalam pesan moral yang terdiri dari agama (tauhid) aksara (alam semesta), ilmu pengetahuan, akhlak dan amal. Contohnya kata "iqro' " yang berarti bacalah. Secara dhohir artinya membaca seperti biasa, tetapi sungguh mangna iqro' tidak hanya membaca dengan lisan. Iqro' merupakan pesan Allah kepada kita untuk melihat (membaca) dunia serta mengungkap segala rahasia yang ada di alam semesta ini.

Sahabat...!
Setiap hari, kita hampir selalu membuka dan menafsirkan Al-Qur'an. Namun, pernahkah kita mencoba mengaplikasikan apa yang kita baca dan tafsirkan dari Al-Qur'an kedalam kehidupan sehari-hari ? Padahal kita tau Al-Qur'an adala sumber satu-satunya ilmu pengetahuan  yang ada di alam semesta ini.
Sekarang apa yang harus kita kerjakan? Inilah PR kita besama, buka mata, buka telinga, buka hati, dan buka pikiran kita. Marilah kita ubah dunia ini menjadi dunia yang beradab :)

Ditulis Oleh : Crashb0nd // Jumat, Februari 08, 2013
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar